pegadaian mengatasi masalah tanpa masalah

PEMBAHASAN
A. Pengertian
Menurut kitab undang-undang hukum perdata pada pasal 1150 menjelaskan gadai adalah hak yang diperolah seseorang yang mempunyai piutang atas suatu barang bergerak. Barang bergerak tersebut diserahkan kepada orang yang berpiutang oleh seorang yang mempunyai utang oleh seorang lain atas nama orang yang mempunyai utang. Seseorang yang berpiutang tersebut memberikan kekuasaan kepada orang berpiutang untuk menggunakan barang bergerak yang telah diserahkan untuk melunasi utang apabila pihak yang berhutang tidak dapat memenuhi kewajibannya pada saat jatuh tempo.

Badan usaha yang bergerak dilembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kemasyarakat atas dasar hukum gadai yang mempunyai tugas pokok memberikan pinjaman kepada masyarakat atas dasar gadai dengan tujuan agar masyarakat tidak dirugikan oleh kegiatan lembaga keuangan informal yang cenderung memanfaatkan kebutuhan dana mendesak dari masyarakat.
B. Objek jaminan pegadaian
Pada dasarnya barang bergerak apapun itu jenisnya dapat dijadikan sebagai objek jaminan diperum pegadaian. Adapun barang bergerak yang dapat dijadikan objek jaminan meliputi;
• Perhiasan
• kendaraan bermotor
• barang elektronik dan
• barang bergerak lainnya yang dapat dijadikan sebgai objek jaminan.
Adapun barang – barang yang tidak dapat digadaikan meliputi;
• hewan ternak
• hasil bumi
• barang yang disewabelikan
• barang milik pemerintah.

C. Proses Pinjaman atas Dasar Hukum Gadai – Prosedur Kredit Cepat Aman (KCA)
Didalam pegadaian, terdapat beragam layanan yang ditawarkan oleh perum pegadaian,pada layanan pegadaian ini telah dibagi menjadi dua macam layanan meliputi:
 Layanan Gadai
 Kredit Cepat Aman (KCA)
Layanan ini merupakan kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua nasabah baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Layana pada sistem ini memberikan jaminan pada setiap golongan nasabah dalam keadaan aman, cepat mudah dan felksibel. Dalam sistem ini proses pengajuan pinjaman kredit sangat mudah dan aman. Proses pencairan dana kreditannya juga relatif cepat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit pinjaman sudah dapat dicairkan. Objek jaminannya berupa semua benda yang berharga misalnya Laptop, perhiasan, kendaraan bermotor dan benda y6ang berharga lainnya.
Dalam pengajuan pinjaman kredit dengan objek jaminannya berupa Laptop dan Handphone, berikut prosedur peminjamannya:
• Nasabah menyerahkan Identitas Diri berupa KTP dan atau KK
• Nasabah menyerahkan barang jaminannya disertai dengan bukti-bukti pembelian objek jaminan tersebut (kwitansi dan doesbook beserta carger dari Laptop dan atau Handphone tersebut dengan kartu garansi yang telah ada)
• Nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK)
 Layanan Fidusia
 Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI)
Layanan ini merupakan kredit atau pinjaman angsuran bulanan yang diberikan kepada nasabah yang memiliki usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya denngan cara sistem fidusia. Maksud dari sistem fidusia ini diperintukan untuk nasabah dengan barang jaminan atau objek yang dijaminkan berupa Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), sehingga kendaraannya masih bisa digunakan untuk berusaha hanya bukti kepemilikan tersebut yang dikuasai oleh perum pegadaian.
Prosedur pengajuan Kredit Cepat Aman (KCA) ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, sangat fleksibel dan mudah. Objek jaminannya cukup BPKB kendaraan bermotor saja. Dalam hal proses pencairan dananya diperlukan waktu selama tiga hari untuk kemudian dana dapat segera dicairkan. Jumlah pinjaman yang ditawarkan didalam perum pegadaian ini berkisar mulai dari 1 juta hingga 250 juta rupiah. Sewa modal atau bunga pinjaman relatif murah dengan angsuran tetap perbulannya. Misalnya dengan jumlah pinjaman mulai dari 50.000 – 500.000 ribu rupiah ju7mlah bunganya sebesar 0.75 % per lima belas hari (15 hari). Jangka waktu pinjaman yang ditawarkan diperum pegadaian ini adalah mulai dari 12 bulan, 18 bulan sampai dengan 36 bulan. Adapun prosedur untuk mengajukan pinjaman kredit cepat aman ini adalah sebagai berikut:
• Menyerahkan fotocopy identitas diri (KTP dan Kartu Keluarga)
• Memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan serta telah berjalan selama satu tahun.
• Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) asli dengan fotocopy STNK dan menyerahkan faktur pembelian kendaraan bermotor tersebut.
 Proses mudah dan pengajuan Kredit Angsuran Sistem Gadai (KRASIDA)
Layanan ini merupakan pemberian pinjaman kepada para pengusaha Mikro dan Kecil (dalam rangka pengembangan usaha) atas dasar gadai dengan pengembalian pinjaman dilakukan melalui mekanisme angsuran. Dalam sistem krasida ini objek jaminan yang digadaikan adalah perhiasan, yakni perhiasan Emas.
Proses pengajuan pinjaman terhadap sistem ini sangatlah mudah dan relatif cepat serta fleksibel, jangka penentuan waktu pinjaman mulai dari 12 bulan, 24 bulan dan ataupun 36 bulan. Modal pengembalian atau suku bunga yang ditawarkan dalam sistem krasida ini murah hanya mulai 0,9% per bulan flat atau 11,8% per tahunnya. Adapun persyaratan dalam pengajuan pinjaman gadai adalah sebagai berikut:
• Pemohon atau calon nasabah membawa angunannya atau barang gadaiannya berupa Emas
• Menyerahkan fotocopy Identitas diri (KTP dan Surat keluarga/KK)
• Fotocopy Surat Izin Usaha atau Surat Keterangan Domisili Usaha dari Lurah/Kades
Dalam hal ini akan dijelaskan prosedur-prosedur pemberian kredit yang dilakukan disetiap perum pegadaian, berikut prosedurnya:
• Pada awal pengajuan kredit, nasabah mengisi formulir aplikasi kredit Krasida
• Untuk selanjutnya nasabah menyerahkan dokumen-dokumen usahanya, dokumen-dokumen mengenai barang jaminannya tersebut(kwitansi pembelian) serta persyaratan lainnya.
• Setelah itu, petugas perum pegadaian memeriksa kembali keabsahan dokumen-dokumen yang telah diserahkan nasabah kepada petugas perum pegadaian.
• Setelah itu, petugas perum pegadaian menaksir berapa besar agunan yang telah diserahkan oleh nasabah tersebut.
• Setelah ditentukan besar angunan gadai tersebut, nasabah dalam hal ini mendapat persetujuan dari pihak suami atau isteri untuk melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kredit.
• Pencairan dana kredit.

 Kredit Usaha Rumah Tangga (KRISTA)
Layanan ini bertujuan untuk Membantu mengembangkan Usaha Rumah Tangga khususnya bagi kaum hawa atau ibu rumah tangga yang memliki bakat berwirausaha dengan penggunaan sistem tanggung renteng. Dalam layanan ini masyarakat diharapkan bisa mengembangkan usahanya, karena dalam layanan ini memberikan jaminan yang aman serta mudah dalam proses peminjaman. Layanan ini merupakan solusi terpercaya bagi ibu rumah tangga yang ingin mengembangkan usahanya, layanan ini juga merupakan produk awal dari pemerintah yang diperuntukan bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Dalam layanan gadai pada sistem ini barang atau objek yang digadaikan adalah perabotan rumah tangga mulai dari Televisi, Lemari es, Lemari, dan barang rumah tangga yang sarana produksinya mengikat sistem fidusia, hanya berdasarkan surat keterangan dari kelurahan.
Prosedur dalam pengajuan Kredit terhadap sistem Layanan yang ditawarkan oleh perum pegadaian ini sangatlah mudah, cepat dan aman. Berikut proses atau prosedur dalam pengajuan kredit dalam layanan Krista adalah sebagai berikut:
• Calon nasabah yang dimaksudkan dalam sistem kredit dalam layanan ini adalah berkelompok dalam jumlah minimal 3 orang maksimal 5 orang.
• Memiliki usaha yang sudah dirintisnya selama 6 bulan
• Menerapkan sistem tanggung renteng dalam berkelompok atau dalam hal berwirausaha.
• Calon nasabah menyerahkan fotocopy Identitas Diri (KTP dari masing-masing anggota kelompok dan fotocopy surat keluarga/KK)
• Berdomisili seperti apa yang telah tercatat didalam bukti identitas diri yang telah diserahkan kepada petugas.
Dalam pengajuan kredit terhadap sistem ini, perum pegadaian mempunyai penawaran jumlah pinjaman mulai dari 100.000(seratus ribu rupiah) sampai dengan 5.000.000(lima juta ribu rupiah). Proses pencairan dana kredit membutuhkan waktu kurang lebih selama tiga hari setelah pengajuan dana kredit tersebut diterima oleh petugas perum pegadaian. Dalam sistem ini jumlah sewa angunan atau modal bunga yang telah diterapkan sebesar 1% per bulan dengan jangka waktu pembayaran mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan dan maupun selama 36 bulan.
D. Prosedur Pelunasan dalam Kredit Cepat Aman (KCA)
Sesuai dengan syarat – syarat yang telah ditentukan pada waktu pemberian pinjaman, nasabah mempunyai kewajiban untuk melakukan pelunasan pinjaman yang telah diterimanya pada awal proses pinjaman kredit. Pada dasarnya dalam sistem prosedur pelunasan yang dilakukuan oleh para golongan nasabah, nasabah bisa melakukan kapanpun pelunasan pinjaman kredit tersebut apabila nasabah tersebut memegang jumlah uang yang lebih, tanpa harus menunggu pada saat jatuh tempo pembayaran atau pelunasan, hal ini bertujuan agar tidak memberatkan nasabah. Akan tetapi pelunasan pembayaran pinjaman kredit tersebut bisa juga dilakukan berdasarkan prosedur dalam perjanjian yang telah disepakati antara nasabah dengan perum pegadaian tersebut. Adapun prosedur pelunasan dalam pinjaman kredit yang ditawarkan di perum pegadain ini adalah sebagai berikut:
• Pada dasarnya semua prosedur pelunasan yang dilakukan didalam pelunasan pinjaman kredit ini adalah sama, dapat dilakukan kapanpun nasabah mempunyai jumlah uang yang lebih tidak menunggu jatuh tempo.
• Nasabah menyerahkan Identitas Diri (KTP dan atau KK)
• Nasabah menyerahkan Surat Bukti Kredit (SBK)
• Ini yang terpenting, nasabah diharapkan membawa uang pelunasan agar dapat menebus barang jaminannya yang telah digadaikan tersebut.
E. Prosedur Pelelangan dalam Kredit Cepat Aman (KCA)
Pelelangan dalam pegadaian merupakan penjualan secara umum yang dilakukan oleh perum pegadaian dimana perum pegadaian menjual barang – barang milik para anggota atau golongan nasabah yang barangnya selamaya empat bulan dari tanggal jatuh tempo tidak ditebus atau tidak diperpanjang, maka pihak perum pegadaian berhak untuk menjual secara umum kepada masyarakat luas atau barang – barang tersebut menjadi milik publik atau umum. Terdapat pembedaan antar pelelangan terhadap barang gudang dalam hal ini adalah barang – barang seperti kendaraan bermotor, ataupun peralatan rumah tangga dengan barang perhiasan. Yang menjadi pembeda antara kedua golongan tersebut adalah nilai pelelangan. Barang gudang seperti yang dijelaskan diatas, nilai atau harga lelangnya tergantung pada penawaran yang telah diberikan oleh penawar, sedangkan harga atau nilai lelangan terhadap barang perhiasan dalam hal ini Emas, memiliki harga tersendiri yang sudah ditetapkan oleh kantor wilayahnya. Misalnya dalam pelelangan perhiasan Emas, kantor wilayah telah menetapkan harga lelang sebesar 10 juta untuk berat Emas seberat 15 gram, maka perum pegadaian menjual harga emas tersebut berdasarkan harga yang telah ditentukan oleh kantor wilayah tersebut. Pelelangan ini dilakukan setiap satu bulan sebanyak 2x pelelangan. Jadi misalkan barang yang digadaikan dalam jangka waktu 4 bulan tidak juga ditebus oleh pemiliknya maka perum pegadaian akan melakukan proses pelelangan secara umum.
F. Bentuk Perjanjian dalam Kredit Cepat Aman (KCA)
Perjanjian kredit dalam bentuk perjanjian barang bergerak ini berisikan kata sepakat antara kedua belah antara nasabah dengan perum pegadaian yang disahkan dengan adanya tandatangan pada halaman surat bukti kredit (SBK). Berikut contoh daripada Surat Bentuk Kredit tersebut

surat bukti kredit.1

Ciri – ciri yang terkandung didalam Surat Bukti Kredit tersebut adalah sebagai berikut:
• Terdapat Hologram kolom dibawah tulisan “Surat Bukti Kredit” sebelah tulisan “Perhatian”. Surat bukti kredit yang terdapat hologramnya tersebut dipegang atau diperuntukan untuk nasabahnya sendiri. Jadi dalam hal peminjaman kredit nasabah memegang surat bukti kredit yang asli dengan bercirikan hologram diatasnya tersebut.
• Sedangkan untuk arsip kantor menggunakan atau memegang surat bukti kredit yang disebut dengan “Dwilipat”.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s